Tips Penting Saat Membeli Laptop Second

Spread the love

Saat ini, segala hal sudah serba online termasuk untuk kegiatan jual beli barang sehingga akan sangat mudah dan praktis. Untuk membeli barang, kita hanya cukup tinggal klik lalu bayar, dan barang pesanan akan diantar sampai rumah kita. Barang yang dijual secara online juga sangat beragam dari yang ukurannya kecil sampai yang memiliki ukuran besar.

Anda juga bisa menemukan laptop lewat jual beli online. Sekarang ini, laptop bekas cukup diminati banyak orang karena memang dengan harga murah, kita bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi tinggi. Tetapi, memang cukup jarang orang-orang yang membeli laptop bekas second secara online karena memang cukup merasa khawatir. Bukan hanya khawatir saat membeli laptop second bekas secara online saja. Membeli laptop second bekas dari pihak bersangkutan secara langsung juga cukup membuat kita merasa khawatir.

Beberapa Tips Jitu Memilih Laptop Second Bekas

Supaya Anda tidak terlalu khawatir dan lebih sukses dalam membeli laptop second bekas, simak ulasan berikut ini mengenai tips tepat dalam membeli produk laptop second bekas agar nantinya Anda tak tertipu.

  1. Tidak lupa mengecek spesifikasi laptop second bekas dengan detail

Tentunya pada saat membeli laptop second bekas, Anda harus menyesuaikan spesifikasi yang ditawarkan dengan spesifikasi faktanya. Jadi pada saat Anda membeli laptop second bekas dan bertemu dengan pihak penjual, maka lebih baik Anda jangan hanya percaya terhadap omongan dari penjual tersebut. Anda lebih baik mengecek sendiri spesifikasi laptop second bekas tersebut yang sudah diberitahukan. Cara mengecek spesifikasi laptop tentunya cukup mudah, Anda hanya cukup mengeceknya lewat dxdiag. Di menu tersebut, sudah terdapat beragam aspek spesifikasi yang tentunya penting diketahui jika ingin membeli laptop second bekas.

Bukan hanya lewat dxdiag saja, Anda juga bisa menggunakan software Anda sendiri misanya CPU-Z supaya semakin akurat dan lengkap. Dengan seperti ini, maka Anda tak akan khawatir mengenai spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop second bekas yang ingin Anda beli. Tips yang satu ini tergolong penting tentunya karena ada kaitannya dengan performa laptop second bekas tersebut. Dapat saja si pihak penjual menyatakan kalau laptop second bekas tersebut memiliki prosesor i5, padahal pada nyatanya prosesor yang digunakan adalah Core i3 pada laptop second bekas tersebut. Atau misalnya penjual menyatakan kalau laptop second bekas ini memiliki Core i3 dengan Gen 5, tetapi padahal laptop second bekas tersebut hanya memiliki prosesor Core i3 yang gen 2.

Meski memang sama-sama berprosesor Core i3, tetapi tentu tetap saja performa yang akan dihasilkan akan berbeda. Oleh karena itu, lebih baik Anda tidak seutuhnya percaya terhadap pihak penjual dalam membeli laptop second bekas. Ada beberapa penjual yang licik dan berusaha supaya barangnya bisa cepat laku dengan kisaran harga yang lumayan. Lebih baik Anda melakukan pengecekan sendiri terhadap laptop second bekas tersebut, kalau misanya laptop second bekas yang Anda pilih kurang cocok, maka Anda bisa lewatkan.

  1. Mengetahui masa pemakaian laptop second bekas

Pada saat Anda membeli laptop second bekas, maka Anda harus pastikan masa pemakaian laptop tersebut. Lebih baik Anda memilih laptop second bekas yang tidak terlalu lama dipakai. Hampir setiap barang elektronik tentunya semakin lama akan semakin rendah performanya ataupun kualitas parts-nya. Maka dari itu, pada saat ingin membeli laptop second bekas, maka jangan sampai lupa untuk menanyakan ke pihak penjualnya kapan pembelian laptop tersebut. Jika memang masih ada, Anda bisa meminta nota pembelian laptop second bekas tersebut. Dengan begitu, maka tentunya kita bisa mengetahui berapa usianya laptop second bekas ini.

Lebih baik Anda tidak membeli laptop second bekas yang lebih dari satu tahun pemakaian. Hal tersebut dikarenakan laptop second bekas yang sudah dipakai setahun akan menurun kinerja serta performanya. Jika Anda memutuskan untuk membeli laptop second bekas dengan usia yang sudah 2 tahun karena memang harganya dan spesifikasinya sangat oke, maka hal tersebut cukup riskan. Baik itu, performa dari laptop second bekas tersebut yang tidak bisa maksimum, ataupun mengalami kendala di bagian baterainya.

  1. Memeriksa casing atau fisik body laptop second bekas yang ingin dibeli

Tips lainnya yang dirasa cukup penting dalam membeli laptop second bekas yaitu dengan mengecek juga fisik atau casing laptop second bekas tersebut. Anda bisa memeriksa seluruh bagian fisik laptop second yang ingin Anda beli. Jika memang perlu, Anda bisa menghitung jumlah goresan pada laptop second bekas tersebut yang memang ada. Dengan hal seperti ini, maka dapat menentukan kondisi laptop untuk proses pengecekan yang selanjutnya. Lebih baik Anda tidak percaya dengan kalimat seperti ‘laptop second bekas yang masih mulus terawat’. Tentunya sebagian besar iklan laptop second bekas akan menampilkan kalimat tersebut.

error: Content is protected !!