Cara Untuk Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot

Spread the love

Yang perlu kita lakukan pertama kali sebelum praktek dalam mengatasi laptop kita yang lemot adalah kita perlu mengetahui terlebih dahulu sebab yang dapat membuat kinerja dari laptop kita ini menurun. Baik dari segi software nya sendiri misalnya dengan banyaknya aplikasi yang terinstal didalamnya. Atau terlalu banyaknya sampah atau cache dan mungkin laptop kita yang terkena virus dan belum kita bersihkan.

Selain dilihat dari segi software, tentunya penyebab dari laptop kita ini lemot adalah mungkin dari segi hardware nya misalnya seperti ukuran ram yang masih terlalu kecil atau prosesor yang semakin panas, dan lain-lainnya. Oleh karena itu, pasti sebagian besar laptop kita pernah mengalami hal tersebut maka akan menjadi sangat lemot. Dan bahkan dapat merasakan kinerja laptop kita dapat menurun jika dibandingkan pada saat awal kita menggunakannya.

Atasi Laptop Anda Yang Tiba-Tiba Error

Dengan kejadian tersebut maka dapat memberikan masalah sendiri untuk kita. Dan tak jarang dari kita akan merasa kesal karena tiba-tiba laptop kita yang sedang digunakan mendadak lemot, macet, ngelag dan bahkan bisa mati sendiri secara mendadak. Jika laptop Anda sudah terlanjur lemot, maka jangan khawatir. Ada beberapa cara dalam mengatasi laptop yang lemot tersebut supaya tidak mengganggu aktivitas Anda dengan laptop tersebut.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Berikut ini akan kami ulas mengenai beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi laptop Anda yang lemot atau bermasalah.

  1. Uninstall Aplikasi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek berapa banyak aplikasi di laptop Anda. Mulailah dengan mengurangi aplikasi satu per satu yang sudah tidak dipergunakan lagi. Dengan banyaknya aplikasi pada laptop Anda, maka akan membuat kapasitas ruang penyimpanan Drive c akan penuh. Dengan begitu akan membuat sistem menjadi lama untuk membaca hardisk. Maka mulai untuk uninstall aplikasi tersebut yang jarang Anda pakai dan sesuaikan dengan kebutuhan supaya tidak lemot. Anda cukup menggunakan aplikasi yang memang betul-betul Anda gunakan, karena dengan aplikasi yang tidak dipakai ini membuat kinerja dari laptop tersebut menurun.

  1. Gunakan Aplikasi Yang Dapat Mengatasi Laptop Lemot

Anda perlu mengetahui spesifikasi laptop Anda. Dengan begitu ini akan berguna untuk dapat memasangkan aplikasi yang sesuai dengan Ram dan spesifikasi prosesor yang dimiliki dari laptop tersebut. Apabila memaksakan instal sebuah aplikasi padahal laptop Anda tidak mampu untuk menampung dan menerima, maka laptop Anda pasti akan lemot.

  1. Gunakan Antivirus

Virus yang ada pada sebuah perangkat elektronik ini menjadi salah satu sebab penyakit yang bisa membuat lemot. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa gunakan aplikasi antivirus untuk menahan virus tidak merusak perangkat tersebut dan gunakan secara semestinya.

  1. Bukalah aplikasi secara Pilihan

Salah satu penyebab laptop menjadi lemah adalah menyalakan sebuah aplikasi secara berlebihan. Hal ini karena memaksakan kinerja dari RAM. Sehingga Anda perlu menyesuaikan dari penggunaan aplikasi itu dengan spesifikasi laptop Anda yang dimilikinya. Atau Anda dapat mengaktifkan task manager untuk dapat mengontrol dari penggunaan RAM ketika menjalankan aplikasi sekaligus secara bersamaan.

  1. Bersihkan Desktop Laptop

Dengan menaruh aplikasi yang terlalu banyak pada bagian dekstop maka merupakan salah satu dari penyebab laptop menjadi lemot untuk dapat merespons perintah user. Disamping itu, pastikan juga untuk dapat mengawasi aplikasi yang sedang berjalan pada saat laptop dalam aktivitas startup.

  1. Bersihkan Drive C

Untuk laptop yang sudah tua, yaitu diatas 3 tahun, Maka kinerjanya sudah pasti menurun. Maka salah satu solusinya lakukan pembersihan Drive C. Selain itu uninstall juga dari program kemudian aplikasi yang dapat memberatkan kinerja dari laptop ini perbaiki kinerjanya.

  1. Tambahkan Kapasitas RAM

Cara lainnya untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan penambahan RAM. Akan tetapi jangan asal untuk menambah RAM. Akan tetapi lihat spesifikasi RAM nya yaitu RAM DDR3, RAM DDR3L dan RAM DDR4. Selain itu kapasitas maksimal RAM yang dapat diaplikasikan di laptop Anda.

  1. Gunakan Thermal Paste

Kegunaan dari thermal paste ini adalah untuk menjaga suhu prosesor dan untuk mendinginkan supaya tidak cepat panas. Jika suhu prosesornya stabil maka tentunya dapat membantu kinerja laptop supaya menjadi lebih stabil dan juga tidak cepat lemot.

  1. Gunakan Cooling Pad

Untuk dapat menjaga suhu laptop supaya tidak terlalu panas, maka gunakanlah cooling pad. Apabila laptop terlalu panas, maka akan membuat laptop tersebut akan menjadi lemot.

  1. Reset Ulang Windows

Untuk laptop yang berusia sudah tua, maka tidak hanya akan mempengaruhi kinerja dari hardware nya saja, namun juga softwarenya. Maka Anda perlu mereset dan menginstall ulang software Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengganti software dengan yang baru untuk dapat meningkatkan kinerja dari perangkat laptop tersebut.

error: Content is protected !!